Meningkatkan Kompresi Ruang bakar

Posted on Updated on

Papas Head atau
Aplikasi Piston
Jenong, Mana
Lebih Baik?
Untuk meningkatkan
kompresi ada beberapa
pilihan. Di antaranya dengan
papas head atau aplikasi
piston jenong. Dari kedua
pilihan ini mana yang paling
menguntungkan?
Kenyataanya banyak
mekanik main pasang piston
jenong. Katanya agar rasio
kompresi tinggi. Namun
justru menyesatkan, kalau
tidak diukur pakai buret.
Masukan dari beberapa
mekanik sih katanya lebih
baik kepala piston rata kalau
ruang bakar sudah sempit.
Menggunakan piston rata
bikin enteng. Jadinya putaran
mesin ringan.
Bahkan beberapa mekanik
malah bikin piston ringan
dengan cara meringankan pin
piston. Caranya lubang pin
dibubut ulang biar ringan.
Atau ada juga yang aplikasi
piston forging biar lebih
ringan.
Jadi, sebenarnya lebih baik
papas head agar piston
nggak jenong. Banyak juga
sih yang dipapas sampai
habis! Nggak masalah juga,
yang penting tidak sampai
kena sitting klep. Papas
sampai habis dilakukan agar
lalu lintas gas bakar lebih
cepat keluar-masuk klep.

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Iklan

Reamer Karburator

Posted on Updated on

imagesPasti udah ga asing lagi mendengar kata
Reamer karburator aka kaburasi, yaitu
salah satu cara untuk mengoptimalkan
debit bahan bakar dan mengoptimalkan
performance tunggangan kita. Reamer
venturi tak melulu buat balap, bagi kita2
yang pecandu akselerasi harian juga bisa.
Jika dirasa memperbesar spuyer saja
tidak bs mempuni maka bisa dilanjut
dengan mereamer karbu. Point inti dari
mereamer adalah memperbesar debit
angin.
Adapun Reamer utk harian paling besar
rangenya antara 1mm-2mm, namun
idealnya 1mm sdh cukup. Teorinya,
adonan bahan bakar dengan udara yang
sempurna butuh perbandingan 1:15
artinya satu molekul bahan bakar
berbanding 15 molekul udara pada
atmosfer.
Langsung aja yuuuk kita mencoba
mengoptimalkan karbu kita. Mari kita
lihat bentuk lubang venturi, oval atau
bulat? Biasanya klo oval itu dianut sm
Keihin tapi ga semuanya sih…
Untuk yang pertama kita kikis bagian
atasnya aja dari diameter tengahnya (liat
gambar1).
Eeeiitt jangan salah kikis yee, jangan
sekali2 mengikis diameter bawahnya
nanti bisa bocor.
Selanjutnya Reamer dimulai dari awal
lubang venturi lalu tarik melebar ke
mulut karbu. Reamer model kek gini
pasti aman yang artinya angina tetap
dihambat skep dan bisa stasioner pula.
Atau ada cara kerok lain lagi. Yang
disentuh lubang venturinya sedikit saja
namun congor bagian depan dikikis abis
berbentuk corong aka terompet (liat
gambar2).
Lanjuuuuut mas… Jangan lupa kepala
piston skep dipotong. Loh pake apa? Ups..
sori bro lupa nambahin alat
bantunya;yaitu gerinda, yang enak pake
gerinda duduk. Nah piston tadi digrinda
aja…klo berapa besarnya yang harus
digrinda mesti pake sigmat tuh atau coba
dikira2 aja usahakan saat skep ditarik
mentok, sejajar dinding reamer-nya
jangan menghalangi aliran udara. (liat
gambar 3).
Memang kurang optimal jika cuma reamer
karbu doang tanpa didukung dengan
saluran pembuangan yang besar pula.
Ibarat kata, banyak makan kudu berak. Klo
ga motor ogah lari aka ogah ngibriiiit
plus boros. Seeep!

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Cowok Racing

Posted on Updated on

Dunia cowok yang satu ini bisa
dibilang lebih liar daripada cowok
gamers, shopaholic, kutu buku, dll.
Mereka bakalan lebih perhatian
dengan schedule balapan, modif
motor, dan juga hunting bareng
temen-temen mereka.
Mereka sebenarnya lebih sulit
menemukan cewek yang bisa ngerti
mereka. Biasanya sifat cewek itu
manja. Jujur, cowok dengan tipe
yang satu ini suka gelagapan
ngadepin cewek manja. Kehidupan
mereka itu di luar, hidup mereka
udah kaya tercurah buat motor, dan
mereka nyari cewek itu biasanya
suka salah pilih.
Kalau kalian pacaran dengan cowok
yang satu ini, kalian harus ekstra
sabar. Percaya atau enggak, cowok
racing itu sebenarnya hyper protect
sama pacarnya loh. Dan kalau
mereka udah bener-bener sayang,
kalian bakalan dijaga walaupun
kalian gak ngerasain hal itu.
Beberapa remaja ada yang
melakukan penilitian tentang
kehidupan anak racing diluar arena
balap. Mereka sebenarnya butuh
sosok cewek yang bisa ngedukung
hobi mereka dan juga ada waktu
mereka butuh temen curhat. Satu hal
yang mungkin kalian jarang tau,
sebelum balapan, biasanya cowok
yang satu ini suka ngomong dalam
hati “ini buat ( nama pacar mereka)”
suka ngerasa gak sih, tiap mereka
menang lomba pasti kalian yang
sebagai pacarnya bakalan di sms/
bbm/telfon buat ngasih tau kalian
kalau mereka menang?
Coba deh jaga perasaan mereka.
Jangan pernah bilang “balapan aja
terus!” atau “kalau menang gini aja
senengnya bukan main sampai
telfon! Coba kalau enggak, gak
bakalan pernah peduli sama aku!”
Jawaban yang satu ini harus kalian
coba, “Wih! Hebat dong! Kalau udah
selesai mending cepet pulang ya,
terus istirahat. Take care di jalan”
Kalau kalian tau, si cowok bakalan
ngerasa bangga punya cewek kaya
kalian. Dengan kayak
gini, mereka bakalan setia sama
kalian. Buat apa lirik-lirik cewek
yang ada di arena balap kalau
mereka udah punya cewek yang bisa
ngerti mereka?
Satu langkah sederhana kaya gini aja,
kalian berdua udah sama-sama jaga
perasaan masing-masing.
Terakhir ini tentang perhatian.
Cowok racing sering jatuh kan? Boleh
juga habis mereka balapan, kalian
nanyain keadaan mereka. Dan kalau
terdengar kata “luka” kalian harus
cepet-cepet jenguk mereka.
Ingat perkataan juga okay? Jangan
pernag bilang “kan jatuh! Makanya
jangan balapan terus” kalian sama
aja menghalangi bakat dan hobi
mereka.
Lebih baik kasih jawaban,”besok-
besok hati-hati ya? Kalau luka gini
kan yang susah semuanya, kamu juga
ga bisa jalanin hobi kamu” dengan
seperti ini, si cowok bakalan
mengiyakan dan mungkin
mengurangi jatah ke arena balap
tanpa kalian yang harus meneriaki
mereka untuk berhenti dari dunia
mereka.
Be a smart girl okay? hobi setiap
orang itu berbeda-beda guys!

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Porting dan Polish

Posted on Updated on

portingPorting Polish sepertinya sudah tak asing lagi dtelinga kita terlebih yang suka dalam hal oprek-mengoprek bagian dalam mesin yang tidak terlihat apalagi tuner kelas tinggi untuk kebutuhan balap porting polish sepertinya merupakan hal yang wajib karena porting polis dapat memperderas aliran campuran bahan bakar dan udara kemesin .

Mungkin sobat sendiri ada yang belum tahu apa itu porting polish itu ? ,sebenarnya RPM juga belum tahu betul apa itu porting polish namun disini coba kita bahas bersama dan belajar bersama untuk menambah wawasan kita tentang porting polish . Menurut bahasa kasarnya porting polish menghaluskan dinding intake pada motor yang berbentuk seperti kulit jeruk yang gunanya untuk memperlancar aliran campuran udara dan bahan bakar yang hendak masuk keruang pembakaran agar mulus dan tanpa meninggalkan sisa.Lalu lubang juga dibesarkan lebih dari 1 mm .

Namun,porting polish tak bisa dilakukan oleh sembarang orang,haruslah tuner yang berpengalaman dan mempunyai tinggak ketelitian tinggi karena yang dihaluskan hanya sekita 1 mm ,jika salah perhitungan atau terlalu lebar saat menghaluskan malah dapat mengakibatkan kompresi bocor .

Porting polish tujuannya adalah melacarkan campuran bahan bakar dan udara ,namun hal ini tak berarti melakukan porting polish dapat menaikan performa motor dengan signifikan.Akan lebih signifikan jika dipadukan dengan settingan karburator/ECU yang bagus dan penggunaan knalpot freeflow,baru akan mendapatkan hal yang maksimal.

Mengapa lubang intake pada motor yang dijual umum tidak memiliki intake yang mulus ? ,karena akan menyebabkan tingginya biaya produksi jika semua motor mempunyau intak yang mulus dan permukaan intak yang agak kasar seperti malah bagus untuk keseimbangan antara campuran bahan bakar dan udara kurang bagus dipermukaan licin seperti porting polish.

Seperti kulit jeruk

Nah untuk harian tidak terlalu perlu melakukan porting polish karena juga akan membuat boros bahan bakar,namun untuk keperluan balap sepertinya diperlukan karena membutuhkan suplay bahan bakar yang deras nan lancar agar dapat mencapai hasil maksimal,motor untuk turun balap juga sudah mendapatkan settingan dan modifikasi khusus berbeda dengan motor standar.

Melakukan porting polish juga dapat membalance mesin, getaran dan gesekan antar komponen dapat di minimalisir. Sehingga performa motor meningkat dan akselerasi, nyosh ,seperti yang dikatakan oleh mbah laskar suzuki disini dan bisa dicek diTKP .Jadi jika mau melakukan upgrade mesin jangan tanggung-tanggung.

Last..artikel ini hanyalah opini dari 45 jika ada kesalahan mohon direvisi,jika ada yang kurang mohon ditambahkan agar kita dapat belajar bersama dan memperluas wawasan .Okeh sekian dari saya ,mohon undur diri,semoga berguna dan bermanfaat bagi sobat Racing Tunning semua!!

Selamat Datang Blogger

Posted on Updated on

Hallo bro-bro dan sist semua,kenalkan nama saya bambang saya baru kali ini coba coba nulis di blog ini,oke tanpa basa basi lagi saya membuat blog ini sebatas untuk curahan saja tentang kehidupan,ataupun hobby saya,kebetulan hobby saya di dunia Otomotif khususnya sepeda motor dan di bidang racing lah saya berdiri makannya namanya racing tunning,tapi jangan heran nya bila suatu saat saya posting tentang hal lain di blog ini,karena saya ngeblog cuma buat mengisi waktu luang saja,terimakasih sebelumnya selamat datang di kios baru saya 😀

Halo dunia!

Posted on

Ini adalah pos pertama Anda. Klik tautan Sunting untuk mengubah atau menghapusnya, atau mulai pos baru. Jika Anda menyukai, gunakan pos ini untuk menjelaskan kepada pembaca mengapa Anda memulai blog ini dan apa rencana Anda dengan blog ini.

Selamat blogging!